welcome

Blogging is My Life

Sabtu, 11 Juni 2011

Apa Itu GNS3?

Logo GNS3
GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.
Prinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputer anda, sehingga PC anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwicth Card.
GNS3 merupakan tool pelengkap yang mudah dan gratis yang dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri memperoleh sertifikasi Cisco, seperti CCNA, CCNP, CCIP, bahkan CCIE.
Ada beberapa router simulator di pasaran, tetapi terbatas pada command line-nya. Banyak command atau parameternya yang tidak mendukung pada waktu digunakan di lab latihan. Pada simulator ini, anda hanya melihat representasi output simulator router disana, dimana ketepatan hasilnya dibuat oleh pembuat software tersebut.
Dengan GNS3, anda seperti menjalankan router sesungguhnya. Jadi, anda akan melihat secara nyata apa yang IOS Cisco hasilkan dan anda juga dapat mengakses beberapa command dan parameter yang didukung oleh IOS tersebut.
Sebagai tambahan, GNS3 merupakan sebuah sumber terbuka yang dapat anda unduh secara gratis pada situs resminya di gns3.net. Anda hanya perlu menyediakan Cisco IOS yang akan digunakan bersama GNS3.
GNS3 awalnya dikembangkan oleh Jeremy Grossman. Yang selanjutnya dikembangkan oleh David Ruiz, Romain Lamaison, Aure’lien Levesque dan Xavier Alt. Dynampis dikembangkan oleh Christophe Fillot. Dynagen dikembangkan oleh Greg Anuzelli. Dan masih banyak lagi orang-orang yang berperan dalam mengembangkan software GNS3 ini.
Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua (termasuk saya :D ), sebagai pengetauan dasar dalam mempelajari sebuah topologi jaringan. Tetap semangat dalam belajar dan memperoleh sertifikasi Cisco. Khususnya sertifikasi CCIE, dimana dengan sertifikasi tersebut, kita bisa bergaji Rp.20 juta/bulan di Jakarta bahkan Rp.50 juta /bulan di Timur Tengah.

..:Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda:..
..:Sekian dan trims:..

2 komentar:

  1. thanks atas artikelnya gan...,aku mau ke TKP dulu,..pengen blajar juga ni.

    BalasHapus
  2. oke mantaffff bedana sam packet tracer gan

    BalasHapus